Kamis, 17 Juni 2010

Taman Laut Bunaken



Inilah salah satu tempat yang harus dikunjungi sebelum kita meninggalkan dunia yang indah ini, Taman Laut Nasional Bunaken di Manado, sebelah utara pulau Sulawesi. Kita sebagai orang Indonesia boleh bangga memiliki tempat yang satu ini, tempat di mana memiliki biodiversitas paling tinggi di dunia.
Tamanlaut nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1991 dengan total luas permukaan 890.65 km². Pertunjukan utamanya adalah keindahan baharinya yang sangat menakjubkan. Bebatuan koral yang sangat alami, dihuni oleh beragam jenis mahluk laut yang begitu cantik sangat memukau mata.
Bunaken memiliki laut tropis yang hangat di antara kelima pulaunya termasuk Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Laut yang hangat tersebut sangat menyegarkan, bertemperatur antara 27 hingga 29 °C. Namun laut di Bunaken tergolong sangat dalam, hingga 1566 meter di Pantai Manado. Keragaman spesis-spesis ikan, koral, sponge, echinoderm, dan mahluk air lainnya sangat banyak dan menakjubkan. Bayangkan, 8 jenis spesis kijing raksasa yang ada di dunia, 7 di antaranya terdapat di Bunaken.
Jika ingin berkunjung ke Bunaken, kita bisa carter kapal wisata dari Pelabuhan Marina, Manado seharga berkisar Rp. 750.000,- dengan kapasitas 15 orang. Untuk ber-snorkling ria biayanya sekutar Rp. 100.000,- sudah termasuk masker, sepatu katak, dan kapal kau bermotor pergi bolak-balik Pantai Bunaken. Untuk diving biayanya lebih mahal lagi, sekitar Rp. 750.000,- per dua jamnya, namun keindahan yang ditawarkan dirasa setimpal dengan harganya.
Pokoknya, sekali-kali tidak ada salahnya merogoh kocek untuk menikmati indahnya ciptaan Allah yang satu ini. Apalagi lokasinya masih di negri sendiri, jadi tidak terlalu repot jika ingin berlibur ke Bunaken.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar